Gaji PNS Muaro Jambi Belum Dibayarkan,  Dewan: Keuangan Pemerintah dan OPD Tidak Sinergi

Muaro Jambi – Soal keterlambatan pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Muaro Jambi mendapat sorotan anggota DPRD Muaro Jambi, Indra Gunawan.

Indra Gunawan yang sekaligus menjabat Wakil Ketua Komisi II menyebut, pembayaran gaji ini telat lantaran kesalahan dari Pemda sendiri.

Bacaan Lainnya

Kata dia, sangat disayangkan hal yang sekecil ini yang mana seharusnya tidak terjadi. Bahkan, kejadian ini pun berdampak buruk bagi Kabupaten Muaro Jambi.

“Ini bukan kesalahan dari Bank 9 Jambi. Tapi kesalahan dari pihak pemerintah,” kata Indra Gunawan dari Fraksi PPP, Selasa (4/10/2022).

Indra menyampaikan, kalau memang kesalahan dari pada OPD soal keterlambatan ini, seharusnya pihak keuangan harus menjemput bola atau mengingatkan langsung ke OPD terkait, sebelum waktu pembayaran gaji di distribusikan ke rekening pegawai semua.

“Kalau melihat saat ini tampak tidak sinergi antara keuangan pemerintahan dengan OPD-OPD terkait. Bisa dikatakan juga saling cuek,” ujarnya.

Keterlambatan pembayaran gaji ini pun juga terbilang aneh. Kata dia, pembayaran gaji ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan tiap bulannya. Kalau lah ada regulasi baru dan aplikasi baru kita harap maklum.

Sambung Indra, apalagi terlambatnya pembayaran gaji ini lantaran Kepala OPD ada yang cuti dan Bendaharannya ada yang mengikuti pelatihan.

“Ini kan hal yang rutin dilakukan setiap bulannya. Seharusnya tidak ada keterlambatan. Kalau emang mereka cuti atau mengikuti pelatihan, mereka selesaikan dulu berkas untuk gaji ini,” tegasnya.

Indra menambahkan, pembayaran gaji PNS yang telat ini ada beberapa OPD. Salah satunya, Dinas Kesehatan Muaro Jambi dan Dinas Pendidikan Muaro Jambi.

Indra pun berharap ini yang pertama dan yang terakhir terjadi di Pemkab Muaro Jambi untuk keterlambatan pembayaran gaji PNS ini.

“Dan semoga Pj Bupati dengan program yang disampaikan Revolusi Mental untuk OPD bisa mengalakan dan meningkatkan ke disiplinan serta tidak mis komunikasi untuk semua OPD di Muaro Jambi. Kinerja yang sangat diprioritaskan,” tutupnya.(uda)

Pos terkait