Riduwan Ingin Buat Centra Pandai Besi di Muaro Jambi

Muaro Jambi – Riduwan, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koperindag) Muaro Jambi berencana ingin membuat centra pandai besi di Kabupaten Muaro Jambi.

Dikatakan Riduwan, pandai besi atau tukang besi masih banyak ditemukan di wilayah Kabupaten Muaro Jambi.

Bacaan Lainnya

“Di setiap kecamatan di Muaro Jambi ada pandai besi. Salah satunya di Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu,” kata Riduwan.

Dikatakan Riduwan, pandai besi yang saat ini masuk dalam kategori Industri Kecil Menengah (IKM), ke depan pandai besi diharapkan mampu naik kelas dari IKM.

“Pandai besi yang selama ini hanya di pandang sebelah mata, harapan ke depan ini menjadi sebuah centra pandai besi yang kreatif dan inovatif untuk menciptakan lapangan kerja serta sumber pendapatan baru, bagi masyarakat Muaro Jambi,” ujarnya.

Riduwan menjelaskan, bagi para pandai besi nantinya agar pandai besi tersebut dapat berkembang, ia mengharapkan para pandai besi dapat berinovasi.

“Sekarang kan mereka hanya membuat parang, cangkul pisau. Nah diharapkan ke depan mereka bisa membuat pedang, kris sebagaimana para leluhur kita di Jambi ini. Setelah itu berjalan, pasti nantinya bernilai ekonomi dan dapat dipasarkan untuk pqra wisatawan nusantara maupun Internasional,” sebutnya.

“Mengingat Muaro Jambi ini salah satu kawasan wisata dunia, terutama wisata budaya,” Candi Muara Jambi tambahnya.

Riduwan menyampaikan, dibeberapa negara, pandai besi ini telah dijadikan Fakultas di Universitas mengiat penting dan stratgisnya ilmu pandai besi ini. Kata Riduwan, dengan Kampus Merdeka ini juga bisa melakukan pendidikan untuk padai besi di Candi Muaro Jambi.

Selain itu, saat ini juga beberapa para pandai besi di Muaro Jambi tengah mengikuti pelatihan (Bintek) pandai besi. Di mana pelatihan ini langsung diajarkan oleh pembimbing atau insteuktur dari Jakarta. Pelatihan pun dipusatkan di Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu.

“Yang ikut pelatihan ini pandai besi dari Tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam. Desa Teluk Duren dan sekitarnya, Kecamatan Kumpeh dan Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu,” imbuhnya.

“Kegiatan juga bekerja sama dengan provinsi dan pusat,” tutupnya.(uda)

Pos terkait