Tahap Pendataan Non ASN 2022 Ditutup Besok, Mau Daftar Buka Link Ini

Muaro Jambi – Pendataan Non ASN 2022 dijadwalkan ditutup besok, Jumat (30/9/2022). Buka link ini jika Anda belum mendaftar.

Berikut link untuk mendaftar tenaga honorer : link pendataan-nonasn.bkn.go.id.

Langkah yang perlu anda lakukan adalah membuat akun Pendataan Tenaga Non ASN terlebih dahulu.

Dilansir laman Suara.com (media partner jambiseru.com) artikel berjudul “Tahap Pendataan Non ASN 2022 Besok Ditutup, Buka Link pendataan-nonasn.bkn.go.id, Simak Cara Daftarnya“, Buka situs.

Pilih menu Buat Akun

Akan muncul halaman Langkah 1: Pengecekan Identitas

Isi data yang harus diisi sesuai dengan tampilan halaman tersebut (NIK, Nomor KK, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nomor Handphone Aktif, Alamat Email Aktif, Captcha yang tertera)

Klik Lanjutkan

Jika sudah didaftarkan oleh instansi terkait, maka bisa melanjutkan ke ‘Langkah 2: Lengkapi Data’

Unggah file scan berwarna KTP atau surat keterangan kependudukan asli dengan format jpg/jpeg dengan ukuran maksimal 200 kb, file pas foto berwarna dengan latar belakang biru dengan format serupa dengan ukuran serupa

Tulis kode captcha yang tertera, kemudian klik ‘Lanjutkan’

Cek ulang data yang telah diisikan pada Langkah 1 dan Langkah 2

Jika sudah sesuai, klik ‘Proses Pembuatan Akun’, jika ingin melakukan perbaikan klik ‘Kembali’

Akan muncul notifikasi kesesuaian data, jika yakin klik ‘Ya’ dan jika belum yakin klik ‘Tidak’

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua tenaga honorer perlu melakukan pendataan di situs tersebut.

Sesuai Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor B/1511/M.SM.01.00/2022, Kriteria tenaga non ASN yang wajib mendaftarkan diri adalah:

Masih aktif bekerja pada instansi pendaftar Non ASN

Mendapatkan honorarium dengan ketentuan mekanisme pembayaran langsung yang berasal dari APBN untuk
Instansi pusat dan APDB untuk instansi daerah. Bukan melalui mekanisme pengadaan barang serta jasa, baik itu individu maupun pihak ketiga

Diangkat paling rendah oleh pimpinan unit kerja

Telah bekerja paling singkat yakni selama satu tahun pada tanggal 31 Desember 2021

Badan Layanan Umum (BLU)/ Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)

Petugas kebersihanan, pengemudi, satuan pengamanan, serta jabatan lainnya yang dibayar dengan mekanisme alih daya (outsourcing)

Pegawai dengan SK di atas 31 Desember 2021 atau tidak memiliki masa kerja minimal 1 tahun dengan ketentuan mekanisme pembayaran APBN/APBD.

Dokumen Pendataan Tenaga Non ASN 2022 

Apabila anda termasuk tenaga honorer yang wajib ikut pendataan, maka siapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Adapun dokumen pendataan tenaga non ASN 2022 yang dibutuhkan adalah:

Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait

Kartu keluarga(KK)

Ijazah terakhir

Pas foto

Swafoto/selfie

Surat Keputusan (SK) Jabatan

Bukti atau slip pembayaran gaji

Apabila SK atau kontrak kerja hilang, maka peserta yang bersangkutan dapat menggunakan fotokopi SK sebelumnya yang sudah di legalisir oleh pimpinan instansi terkait.

Selain itu, peserta juga bisa memakai surat keterangan dari pimpinan unit kerja tempat SK tersebut dikeluarkan.

Pendataan tenaga non ASN 2022 di laman pendataan-nonasn.bkn.go.id adalah tahap pertama proses manajemen pegawai pemerintah yang terbaru. Tahap berikutnya, Prafinalisasi akan mulai dilakukan 30 September 2022.

Tahap kedua ini diawali dengan pengumuman daftar tenaga non ASN yang masuk ke pendataan awal. Pendataan ini juga telah dilakukan dengan uji publik, melalui media informasi yang dimiliki oleh instansi terkait.

Kemudian tahap ketiga adalah Finalisasi yang berlangsung pada 31 Oktober 2022. Masing-masing instansi mengecek data yang telah masuk di sistem dari tenaga non ASN sampai diterbitkannya Surat Pertanggungjawaban Mutlak.

Seperti itulah tahapan pendataan tenaga non ASN 2022 yang pendaftarannya di laman pendataan-nonasn.bkn.go.id ditutup besok, Jumat (30/9/2022). Ayo segera daftarkan diri anda!.(suara/uda)

Pos terkait